Tanggal Posting

August 2012
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Aktifitas


Awas Terjatuh

Pekan lalu saya roadshow ke beberapa kota untuk memberikan training gratis dalam rangka Festival Sukses Mulia. Saat di berada di salah satu bandara saya terpeleset dan hampir terjatuh. Anda tahu saya terpeleset oleh apa? Genangan air kecil. Ya, orang terpeleset atau tersandung biasanya oleh sesuatu yang kecil bukan sesuatu yang besar.

Usai kejadian, pikiran saya melayang dan teringat oleh cerita dari guru saya. Konon, ada seorang lelaki yang mengadu kepada seorang yang alim. Ia berkata, “Tuan dosa saya begitu besar apakah mungkin diampuni oleh Yang Maha Kuasa.” Sebelum orang alim itu menjawab teman lelaki itu berkata, “Benar tuan, dosa teman saya ini terlalu besar. Kalau saya alhamdulillah tidak punya dosa.”

Mendengar perkataan dua lelaki ini, orang alim itu berkata, “Coba kamu tinggalkan dulu tempat ini sejenak, pergilah. Kepada yang merasa dosanya besar tolong pergi carilah satu batu yang besar, beratnya sekitar 1 kilo gram. Kepada yang merasa tidak punya dosa carilah batu yang banyak beratnya juga sekitar 1 kilo gram.”

Beberapa saat kemudian kedua lelaki ini menemui orang alim dengan masing-masing membawa batu. Mereka duduk di hadapan orang alim itu. Dengan suara yang penuh wibawa orang alim itu berkata kepada yang merasa dosanya besar, “Kamu membawa satu besar, apakah kamu masih ingat tempat batu itu bila aku meminta engkau mengembalikannya?” Lelaki itu menjawab, “Tentu saya masih ingat. tuan.”

Kepada lelaki yang merasa tak punya dosa, orang alim itu bertanya, “Kau membawa batu banyak yang beratnya hampir sama dengan sahabatmu, apakah kau masih ingat tempat masing-masing batu bila aku meminta engkau mengembalikan batu itu?” Dengan sedikit malu lelaki itu menjawab, “Saya tidak tahu dan tidak ingat sama sekali.” “Hati-hatilah terhadap dosa kecil yang sering kau lupakan, boleh jadi berat dosa itu sama dengan dosa besar yang dilakukan oleh orang lain,” kata orang alim.

Maka, berhati-hatilah terhadap maksiat-maksiat kecil. Bukankah kita bisa terjatuh dan terpeleset hanya oleh selembar kulit pisang atau sedikit genangan air?

***


Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>